SEKILAS INFO
20-09-2021
  • 5 bulan yang lalu / Telah dibuka Pendaftaran PPDB MI Negeri 5 Bener Meriah T.A 2021-2022 mulai tanggal 01 April sd. 15 April 2021 Gelombang I “Gelombang II dibuka jika kuota masih tersedia“
27
Feb 2021
Cara Mengajarkan Rukun Iman kepada Anak dengan Mudah

Cara mengajarkan rukun iman kepada anak wajib anda ketahui sebagai umat muslim. Rukun iman merupakan pilar atau tiang dalam melaksanakan ajaran untuk mempercayai, baik melalui hati, perbuatan, maupun perkataan. Sehingga, rukun iman pun mempunyai makna sebagai penyangga iman dari seorang muslim.

Inilah Cara Mengajarkan Rukun Iman Kepada Anak

Pentingnya mengerti jika rukun iman adalah penyangga keimanan seorang muslim, maka rukun iman pun wajib dilakukan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari sedini mungkin.

Cara mengajarkan 6 rukun iman kepada sang buah hati pun dapat anda lakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut:

Iman Kepada Allah SWT

Rukun iman yang pertama adalah rukun iman kepada Allah SWT. Hal ini dapat dilakukan dengan mentaati segala perintah-Nya serta menjauhi apa yang dilarang. Menurut Syekh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At-Tuwaijiri, cara beriman kepada Allah SWT dapat dengan cara uluhiyah dan juga mengimani sifat-sifat Alah SWT. Jadi, anda bisa mengenalkan beberapa sifat-sifat Allah SWT untuk buah hati agar semakin yakin adanya Alah SWT.

Iman Kepada Malaikat

Cara mengajarkan rukun iman kepada anak tentang iman kepada malaikat adalah dengan mengajarkan sejumlah sifatsifat malaikat. Seperti tidak mempunyai nafsu layaknya manusia, tidak makan dan minum, tidak tidur, serta juga selalu mematuhi perintah Allah SWT

Iman Kepada Kitab Allah SWT

Kitab merupakan wahyu dari Allah SWT yang telah dibukukan. Kemudian, fungsinya sebagai petunjuk serta pedoman umat Islam dalam kehidupan sehari-hari, supaya dapat selamat dunia dan akhirat. Mengajarkannya kepada anak dapat anda lakukan dengan memberikan pengetahuan tentang kitab-kitab yang Allah turunkan kepada nabi dan rasul seperti:

  1. Zabur yang turun untuk Nabi Daud
  2. Taurat untuk Nabi Musa
  3. Injil untuk nabi Isa
  4. Al Quran untuk Nabi Muhammad SAW

Iman Kepada Rasul Allah

Mempercayai para nabi dan rasul yang ada zaman sebelum Rasulullah SAW menjadi sangat peting untuk diamalkan. Nabi dan rasul yang menjadi utusan Allah serta memperoleh wahyu untuk menyebarkan kebaikan kepada umat Islam pun wajib anda ajarkan kepada anak anda.

Cara mengajarkan rukun iman kepada anak adalah dengan mengajarkan 25 nama nabi yang wajib diketahui, meyakini, serta meneladani, bahkan menjalankan amalan sesuai dengan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk mengajarkan kepada anak anda bagaimana kehidupan serta sejarah ke 25 nabi dan rasul tersebut.

Iman Kepada Hari Kiamat

Anda bisa mengajarkan rukun iman yang kelima ini dengan selalu berperilaku baik karena akan memperoleh balasan yang setimpal dari Allah SWT. Ajarkan tentang pahala dan siksaan yang akan diperoleh saat hari kiamat nantinya. Dengan demikian, anak akan meninggalkan perbuatan dosa dan mempunyai makna dalam menjalankan segala perbuatan baik didunia

Iman Kepada Qada dan Qadar

Iman kepada ketetapan dan keputusan Allah menjadi sangat penting untuk anda ajarkan pada buah hati. Cara mengajarkan rukun iman kepada anak dapat dengan memberikan pemahaman untuk lebih sabar dalam menghadapi cobaan, senantiasa berusaha, dan tawakal kepada Allah SWT.

Video Terbaru

Data Sekolah

MI Negeri 5 Bener Meriah

NPSN : 60703435

Jl. Simpang Tiga - Pondok Baru Kp. Waq Pondok Sayur
KEC. Bukit
KAB. Bener Meriah
PROV. Aceh
KODE POS 24581

Peta Lokasi

Arsip